ASKEP TUMOR WILMS PADA ANAK PDF

WILMS TUMOR. PF TUMOR. July,15, WILMS. INTRO. TODAY’S OUTLINE. 1. TUMOR WILMS. ASUHAN KEPERAWATAN. Sid patofisiologi kekurangan energi protein pdf hysterogenic port and askep pada anak dengan tumor wilms punish his trepanation Serenader whizzed. Askep Tumor Intra Abdomen. mndsmnk Askep Tumor Maxilla Ruangan IBS. z. Askep tumor mamae dengan pathway ยท Askep Tumor Tiroid Dan Tiroidektomi.

Author: Arashilkis Gabei
Country: India
Language: English (Spanish)
Genre: Art
Published (Last): 20 October 2005
Pages: 40
PDF File Size: 11.28 Mb
ePub File Size: 15.21 Mb
ISBN: 344-5-75367-532-8
Downloads: 28167
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Kajikazahn

Published on Jul View Download Tumor Wilms biasanya ditemukan pada anak-anak yang berumur kurang dari 5 tahun, tetapi kadang ditemukan pada anak yang lebih besar atau orang dewasa. Tumor Wilms merupakan tumor ganas intraabdomen yang tersering pada anak-anak dan tumbuh dengan cepat progesif.

Woc Tumor Wilms

Tumor wilms adalah tumor ginjal tumkr ganas yang tumbuh dengan cepat, terbentuk dari unsur embrional, biasanya mengenai anak-anak sebelum usia lima tahun Kamus Kedokteran Dorland Tumor wilms adalah tumor padat intraabdomen yang paling sering dijumpai pada anak.

Tumor ini merupakan neoplasma embrional dari ginjal, biasanya muncul sebagai massa asimtomatik di abdomen atas atau pinggang. Tumor sering ditemukan saat orang tua memandikan atau mengenakan baju anaknya atau saat dokter melakukan pemeriksaan fisik terhadap anak yang tampak sehat.

Tumor wilms berhubungan dengan kelainan bawaan tertentu, seperti: Didapati perkembangan genital yang abnormal. Anak dengan sindrom ini berada dalam resiko tinggi terkena tipe kanker lain, selain Tumor Wilms. Beckwith- Wiedemann SyndromeBayi tumorr dengan berat badan yang lebih tinggi dari bayi normal, lidah yang besar, pembesaran organ organ.

Woc Tumor Wilms

Tumor wilms berasal dari proliferasi patologik blastema metanefron akibat tidak adanya stimulasi yang normal dari duktus metanefron untuk menghasilkan tubuli dan glomeruli yang berdiferensiasi baik. Pasa blastema renalis untuk membentuk struktur ginjal terjadi pada umur kehamilan minggu. Beberapa kasus disebabkan karena defek genetik yang diwariskan dari orang tua. Ada dua gen yang ditemukan mengalami defek yaitu Wilms Tumor 1 atau Wilms Tumor 2.

Hampir semua kasus unilateral tidak bersifat keturunan yang berbeda dengan kasus Tumor bilateral.

Askep Tumor Ginjal

Penyebaran tumor wilms asoep TNM sebagai berikut: Unilateral permukaan termasuk ginjal 80 cm T3: Unilateral ruptur yumor penanganan T4: Tidak ditemukan metastasis N1: Tumor ini dapat direseksi dengan lengkap.

Tumor menembus kapsul dan meluas masuk ke dalam jaringan ginjal dan sekitar ginjal yaitu jaringan perirenal, hilus renalis, vena renalis dan kelenjar limfe para-aortal. Tumor masih dapat di reseksi dengan lengkap.

Tumor menyebar ke rongga abdomen perkontinuitatummisalnya ke hepar, peritoneum, dll. Tumor menyebar secara hematogen ke rongga abdomen, paru-paru, otak, tulang. Tumor tersebut tumbuh dengan cepat di lokasi yang dapat unilateral atau bilateral. Pertumbuhan tumor tersebut akan ank atau menyimpang ke luar renal. Mempunyai gambaran khas berupa glomerulus dan tubulus yang primitif atau abortif dengan ruangan bowman yang tidak tumkr, dan tubulus abortif di kelilingi stroma sel kumparan.

Pertama-tama jaringan ginjal hanya mengalami distorsi,tetapi kemudian di invasi oleh sel tumor. Tumor ini pada sayatan memperlihatkan warna yang putih atau keabu-abuan homogen,lunak dan encepaloid menyerupai jaringan ikat. Tumor tersebut akan menyebar atau meluas hingga ke abdomen dan di katakan sebagai suatu massa abdomen. Akan teraba pada abdominal dengan di lakukan palpasi. Wilms Tumor seperti pada retinoblastoma disebabkan oleh 2 trauma mutasi pada gen supresor tumor.

  ADMINISTRACION DE RECURSOS HUMANOS WERTHER Y DAVIS SEXTA EDICION PDF

Mutasi pertama adalah inaktivasi alel pertama dari gen suppressor tumor yang menyangkut aspek prozigot dan postzigot. Mutasi kedua adalah inaktivasi zskep kedua dari gen tumor supresor spesifik. Gen WT1 pada kromosom 11p13 adalah gen jaringan spesifik untuk sel blastema ginjal dan epitel glomerolus dengan dugaan bahwa sel precursor kedua ginjal merupakan lokasi asal terjadinya Wilms Tumor.

Ekspresi WT1 meningkat pada saat lahir dan menurun ketika ginjal telah makin matur. WT1 merupakan onkogen yang dominan para bila ada mutasi yang terjadi hanya pada 1 atau 2 alel telah dapat menimbulkan Wilms Tumor.

Gen WT2 pada kromosom 11p15 tetap terisolasi tidak terganggu. Gambaran klasik tumor Wilms bersifat trifasik, termasuk sel epitel, blastema dan stroma. Berdasarkan korelasi histologis dan klinis, gambaran histopatologik tumor Wilms dapat dikelompokkan dalam dua kelompok, yaitu tumor risiko rendah favourabledan tumor risiko tinggi unfavourable Munculnya tumor Wilms sejak dalam perkembangan embrio dan akan tumbuh dengan cepat setelah lahir.

Pertumbuhan tumor akan mengenai ginjal atau pembuluh ank renal dan menyebar ke organ lain5. Demam dapat terjadi sebagai reaksi anafilaksis tubuh terdapat protein tumor dan gejala lain yang bisa muncul adalah: Hipertensi diduga karena penekanan tumor atau hematom pada pembuluh-pembuluh darah yang mensuplai darah ke ginjal, sehingga terjadi iskemi jaringan yang akan merangsang pelepasan renin atau tumor sendiri mengeluarkan renin2.

Tumor Wilms tidak jarang dijumpai bersama kelainan kongenital lainnya, seperti aniridia, hemihiperttofi, anomali saluran kemih atau genitalia dan retardasi mental.

WILMS TUMOR by Putri Fajarwati on Prezi Next

IVP Dengan pemeriksaan IVP tampak distorsi sistem pielokalises perubahan tjmor sistem pielokalises dan sekaligus pemeriksaan ini berguna untuk mengetahui fungsi ginjal.

Foto thoraks merupakan pemeriksaan untuk mengevaluasi ada tidaknya metastasis ke paru-paru. Arteriografi khusus hanya diindikasikan untuk pasien dengan tumor Wilms bilateral c. Ultrasonografi USG merupakan pemeriksaan non invasif yang dapat membedakan tumor solid dengan tumor yang mengandung cairan. Dengan pemeriksaan USG, tumor Wilms nampak sebagai tumor padat di daerah ginjal. USG juga dapat digunakan sebagai pemandu pada biopsi. Pada potongan sagital USG bagian ginjal yang terdapat tumor akan tampak mengalami pembesaran, lebih predominan digambarkan sebagai massa hiperechoic dan menampakkan area yang echotekstur heterogenus.

Asmep memberi beberapa willms dalam mengevaluasi tumor wilms. Ini meliputi konfirmasi mengenai asal wikms intrarenal yang biasanya menyingkirkan neuroblastoma; deteksi massa multipel; penentuan perluasan tumor, termasuk keterlibatan pembuluh darah besar dan evaluasi dari ginjal yang lain.

CT scan memperlihatkan massa heterogenus di ginjal kiri dan metastasis hepar multiple. CT scan dengan level yang lebih tinggi lagi menunjukkan metastasis hepar multipel dengan thrombus tumor di dalam vena porta. Magnetic resonance imaging MRI MRI dapat menunjukkan informasi penting untuk wlims perluasan tumor di dalam vena cava inferior termasuk perluasan ke daerah intarkardial.

Pada MRI tumor Wilms akan memperlihatkan hipointensitas low density intensity dan hiperintensitas high density intensity f. Laboratorium Hasil pemeriksaan laboratorium yang penting yang menunjang untuk tumor Wilms adalah kadar lactic dehydrogenase LDH meninggi dan Vinyl mandelic acid VMA dalam batas normal.

Urinalisis juga dapat menunjukkan bukti hematuria, LED meningkat, dan anemia dapat juga anqk, terlebih pada pasien dengan perdarahan subkapsuler. Pasien dengan metastasis di hepar dapat menunjukkan abnormalitas pada analisa serum.

Biasanya dianjurkan kombinasi pembedahan, radioterapi dan kemoterapi. Dengan terapi kombinasi ini dapat diharapkan hasil yang memuaskan. Jika secara klinis tumor masih berada dalam stadium dini dan ginjal di sebelah kontra lateral normal, dilakukan nefrektomi radikal.

  MANUAL DE RECARGA ARMAS Y MUNICIONES PDF

Ukuran tumor pada saat datang menentukan cara pengobatan. Apabila tumor besar maka pembedahan definitive mungkin harus di tunda sampai kemoterapi atau radiasi selesai.

Kemoterapi dapat memperkecil tumor dan memungkinkan reaksi yang lebih akurat dan aman. Farmakologi1 KemoterapiTumor Wilms termasuk tumor yang paling peka terhadap obat kemoterapi. Prinsip dasar kemoterpai adalah suatu cara penggunaan obat sitostatika yang berkhasiat sitotoksik tinggi terhadap sel ganas dan mempunyai efek samping yang rendah terhadap sel yang normal.

Biasanya, jika diberikan prabedah selama 4 8 minggu. Jadi tujuan pemberian terapi adalah untuk menurunkan resiko ruptur intraoperatif dan mengecilkan massa tumor sehingga lebih midah direseksi total.

Ada lima macam obat sitostatika yang terbukti efektif dalam pengobatan tumor Tummor, yaitu Aktinomisin D, Vinkristin, Adriamisin, Cisplatin dan siklofosfamid. wil,s

Mekanisme kerja obat tersebut adalah menghambat sintesa DNA sehingga pembentukan protein tidak terjadi akibat tidak terbentuknya sintesa RNA di sitoplasma kanker, sehingga pembelahan sel-sel kanker tidak terjadi. Dosis total tidak melebihi mikrogram. Aktinomisin D bersama dengan vinkristin selalu digunakan sebagai terapi prabedah. Bila melebihi dosis dapat menimbulkan neurotoksis, bersifat iritatif, hindarkan agar tidak terjadi ekstravasasi pada waktu pemberian secara intravena.

Vinkristin dapat dikombinasi dengan obat lain karena jarang menyebabkan depresi hematologi, sedangkan bila digunakan sebagai obat tunggal dapat menyebab relaps. Dapat dikombinasi dengan Aktinomisin D. SiklofosfamidDari nitrogen mustard golongan alkilator.

Non Farmakologi1 PembedahanKeperawatan perioperatifKarena banyak anak dengan tumor wilms mungkin mendapat obat kemoterapi kardiotoksik, maka mereka harus diperiksa oleh ahli onkologi dan di izinkan untuk menjalani operasi. Mereka perlu menjalani pemeriksaan jantung yang menyeluruh untuk menentukan status fungsi jantung. Tumor wilms jangan di palpasi untuk menghindari rupture dan pecahnya sel-sel tumor. Pasien di letakkan dalam posisi telentang dengan sebuah gulungan di bawah sisi yang terkena.

Seluruh abdomen dan dada di bersihkan.

Hasil akhir pada pasien pascaoperatifPasien tumor wilms menerima kemoterapi dan terapi radiasi yang sesuai dengan lesi.

Gambaran histologik lesi merupakan suatu indicator penting untuk prognosis, karena gambaran tersebut menentukan derajat anaplasia. Anak yan histologiknya relative baik. Maka memiliki prognosis baik. Sedangkan anak yang gambaran histologiknya buruk, maka memilii prognosis buruk. Terapi dibuat sespesifik mungkin untuk masing-masing anak, karena terapi yang lebih sedikit menghasilkan kualitas hidup yang lebih baik dengan lebih sedikit efek sampingnya.

Nefrektomi radikal dilakukan bila tumor belum melewati garis tengah dan belum menginfiltrasi jaringan lain. Pengeluaran kelenjar limfe retroperitoneal total tidak perlu dilakukan tetapi biopsi kelenjar di daerah hilus dan paraaorta sebaiknya dilakukan. Pada pembedahan perlu diperhatikan ginjal kontralateral karena kemungkinan lesi bilateral cukup tinggi.

Apabila ditemukan penjalaran tumor ke vena kava, tumor tersebut harus diangkat. Karena itu radioterapi hanya diberikan pada penderita dengan tumor yang termasuk golongan patologi prognosis buruk atau stadium III dan IV. Jika ada sisa tumor pasca bedah juga diberikan radioterapi. Radioterapi dapat juga digunakan untuk metastase ke paru, otak, hepar serta tulang.

Meredakan kecemasan yang dihadapi pasien dan keluarga2. Mengalihkan rasa nyeri yang wilmms pasien4. Melakukan kompres untuk menurunkan suhu pasien5.